Mainan Anak Edukatif

Oktober21, 2018
by Arno

Mainan Anak Edukatif – Mempertajam kemampuan otak terutama bagi anak-anak harus dilakukan melalui permainan, di samping asupan makanan bergizi seimbang.

Apa itu mainan anak edukatif? Mainan anak edukatif adalah mainan yang dipercaya mampu meningkatkan daya pikir bagi yang memainkannya. Termasuk di dalamnya adalah meningkatkan kemampuan anak berkonsentrasi serta memecahkan masalah.

mainan mobil kayu

mainan mobil kayu

Mainan edukatif juga dipercaya mampu memberikan stimulasi pada system motorik halus anak, misalnya saat anak mengambil mainan, meraba, serta memegang dengan jarinya,. Sementara itu rangsangan motorik kasar di dapat saat menggerakan mainannya, termasuk melempar, mengangkat, dan sebagainya.

Banyak mainan anak edukasi yang memang dirancang khusus untuk dapat menggali potensi anak. dengan memainkan mainan edukasi anak dapat berkembang lebih maksimal.  Hal ini tak lepas dari dunia anak yang masih erat kaitannya dengan dunia bermain.

Manfaat Mainan Anak Edukatif

Orangtua harus pintar dalam memilihkan aneka mainan anak edukatif yang tak sekedar membuat mereka merasa senang namun juga merangsang pertumbuhan sensor otaknya.

Perkembangan anak yang optimal sendiri akan terjadi pada periode emas ketika usia anak masih di bawah lima tahun.

Baca juga : Mainan Bayi 9 Bulan

Pada saat tersebut, otak anak akan tumbuh hingga 80 persen. Rangsangan yang baik akan sangat diperlukan serta berpengaruh besar pada perkembangan anak, salah satunya melalui pemberian mainan yang sifatnya edukatif.

Mengingat periode usia emas ini hanya akan berlangsung sekali, maka sangat penting bagi orangtua dalam menanamkan pendidikan yang baik dan benar untuk putra-putrinya.

Pemberian mainan anak edukatif umur 4 tahun terutama akan sangat membantu.

Baca Juga : Mainan Anak Laki-Laki

Mainan edukasi juga memiliki katogori umur masing masing. Hal ini sesuai dengan fase pertumbuhan serta usia anak. Kita sebagai orang tua harus cermat memilihkan mainan anak edukasi sesuai dengan usia anak kita.

Untuk anak yang masih balita, juga ada mainan edukasinya sendiri. kita tidak perlu khawatir salah memilih karena biasanya sudah ada keterangan dalam kemasan mainan tersebut. Berapa usia minimal bagi anak untuk memainkannya.

Mainan Puzzle Edukatif

Salah satu contohnya adalah puzzle yang dimainkan dengan cara dibongkar pasang. Mainan ini bisa dengan mudah ditemukan di toko khusus mainan anak-anak.

Baca Juga : Mainan Lego

Puzzle terutama akan sangat merangsang daya ingat serta gerak motorik anak. Pemberian mainan puzzle juga diharapkan akan membuat anak dapat menyelesaikan permasalahan sendiri tanpa harus bergantung kepada orang di sekitarnya.

Pilihlah puzzle bongkar pasang yang sesuai tahap perkembangan atau usia anak. Puzzle juga memiliki beberapa tingkat kesulitan sesuai dengan usianya.

mainan puzzle edukatif

mainan puzzle edukatif

Bagi anak anak, mainan puzzle biasanya memiliki kepingan yang agak besar serta jumlah kepingannya sedikit. Sementara itu puzzle untuk orang dewasa biasanya kepingannya lebih kecil, serta jumlah kepingannya lebih banyak.

Selain itu puzzle orang dewasa bentuk kepingannya juga rumit. Sedangkan puzzle untuk anak anak bentuk kepingannya cenderung sederhana.

Mainan Kayu Edukatif

Mainan kayu bisa menjadi mainan edukatif lho bunda. Mainan anak edukatif dari kayu yang lain adalah permainan dengan bentuk bulat, segitiga, persegi dan lain-lain.

Mainan yang terbuat dari kayu dengan cat warna-warni dan bentuk beragam ini juga akan merangsang daya ingat anak.

Baca Juga: Belanja Mainan Anak Online

Anak bisa dilatih untuk memasukkan mainan berwarna merah ke dalam kotak berwarna merah, misalnya, atau memasukkan mainan yang berbentuk lingkaran melalui lubang yang juga berbentuk lingkaran agar pas.

Mainan kayu edukatif bentuknya juga beragam. Ada yang dapat digabung menjadi bentuk lain seperti kereta api, pesawat terbang, mobil, rumah dan sebagainya. Hal ini juga dapat memacu kreatifitas sang anak.

mainan blok kayu

mainan blok kayu

Mainan edukatif ini juga tentunya menyenangkan karena bisa dimainkan bersama orangtua. bermain bersama anak dapat membuat ikatan emosional orang tua dengan anak semakin kuat.

Mainan Alat Musik Edukatif

Contoh mainan edukatif lainnya juga adalah beberapa jenis alat musik. Termasuk di antaranya adalah drum.

Alat musik satu ini akan dapat merangsang otak anak terutama syaraf yang masih berkoordinasi dengan sistem motorik atau indera. Mainan anak edukatif Bandung yang berupa alat musik lainnya ialah keyboard.

mainan keyboard

mainan keyboard

Ini terutama karena memainkan keyboard akan dibutuhkan konsentrasi serta keselarasan antara gerak tangan, pendengaran maupun penglihatan anak. Permainan keyboard juga terbukti bisa melatih kecerdasan kognitif anak dengan optimal.

Permainan selanjutnya yang tak kalah edukatif bagi anak ialah mewarnai. Kegiatan satu ini tentu sudah tidak asing lagi karena terbiasa dilakukan anak di taman kanak-kanak.

Baca Juga: Mainan Bayi 2 Bulan

Mewarnai adalah kegiatan edukasi yang menarik bagi anak karena mereka belajar mengenal warna sekaligus melatih motorik halusnya. Berikan mereka krayon atau pewarna yang aman agar tidak berbahaya bagi kesehatannya.

Mainan Anak Edukatif Tidak Harus Mahal

mainan anak edukatif tidak selalu mahal. Bunda bisa kok membuat mianan edukatif sendiri. Di samping mewarnai, mainan anak edukatif buatan sendiri yang bisa dimainkan guna merangsang pertumbuhan mereka ialah menebali angka, gambar maupun huruf.

Permainan ini bisa ditemukan pada buku kegiatan khusus bagi anak usia Taman Kanak-kanak. (Baca : Mainan Anak TK)

mainan edukasi

mainan edukasi

Metode ini sekaligus akan dapat melatih motorik kasar maupun motorik halus pada anak. Menebali huruf, angka atau gambar juga akan melatih kemampuan kognitif serta mengasah bakat yang dimiliki anak.

Demikian ragam mainan edukatif yang bisa diberikan pada anak usia Taman Kanak-kanak yaitu mulai usia 4 hingga 6 tahun.

Sangat penting bagi orangtua dalam memberikan permainan edukatif ini supaya dapat mendukung tumbuh kembang anak, terutama di masa golden age alias usia emasnya.

Koleksi Mainan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *